Jumat, 11 Oktober 2013

Dampak Perubahan Iklim Datang Lebih Cepat

Diprediksi dampak perubahan iklim di Indonesia akan terjadi rata-rata pada tahun 2047. Dampak yang diprediksi akan terjadi yaitu perubahan suhu di beberapa kota di Indonesia secara spesifik.
Di Indonesia, perubahan “climate departure” akan terjadi sangat cepat, yaitu dimulai pada tahun 2020 di Manokwari dan di Jakarta pada tahun 2029, namun skenario ini dibayangkan terjadi jika tidak ada upaya pengurangan gas karbon dioksida.

Manokwari diprediksi menjadi wilayahpertama di dunia yang mengalami “climate departure” dari tiga kota di dunia yang diprediksi paling awal mengalami “climate departure” tersebut. Dua wilayah lainnya yaitu Ngerulmud di ibu kota Palau dan Kingston di Jamaika.


Berikut peta prediksi “climate departure” di kota-kota di dunia jika tidak dilakukan upaya pengurangan emisi gas karbon dioksida:
Dalam “climate departure ini, yang menjadi  kekhawatiran bukan hanya suhu, seperti megapolitan di Jakarta akan menghadapi ancaman ketersediaan pengan, kekeringan, dan banjir. Namun, berdasarkan analisis yang dilakukan jika ada upaya pengurangan emisi gas karbon dioksida. Maka, Manokwari tetap akan mengalami “climate departure” meski ditunda 2025 dan Jakarta  pada 2042.


Berikut peta prediksi “climate departure” jika upaya pengurangan emisi gas karbon dioksida dilakukan:

















lokasi:




















Sumber:
http://id.berita.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar