Jumat, 12 Juli 2013

Udang Windu

Ditinjau dari morfologinya, tubuh udang windu terbagi menjadi 2 bagian, yakni  bagian kepala  hingga dada dan abdomen yang meliputi bagian perut dan ekor. Bagian kepala hingga ekor disebut Cephalothorax, dibungkus kulit kitin yang tebal atau carapace. Bagian ini terdiri dari kepala dengan 5 segmen dan dada
dengan 8 segmen.  Bagian abdomen terdiri atas  6 segmen dan 1 telson.


Udang windu (Penaeus monodon) memiliki 19 pasang appendage. Lima asang terdapat pada bagian kepala masing-masing antenulla pertama dan antenulla kedua yang berfungsi untuk pencium dan keseimbangan, mandibula untuk mengunyah, serta maxillula dan maxilla untuk membantu makan dan bernafas. Tiga pasang appendage yang terakhir merupakan kesatuan bagian mulut.
Bagian dada penaeus monodon memiliki tiga pasang maxillped yang berfungsi untuk berenang dan membantu mengkonsumsi makanan. Bagian badan memiliki lima pasang kaki renang yang berguna untuk berenang serta sepasang uropoda untuk membantu melakukan gerakan melompat dan naik turun.
Jenis kelamin betina udang windu dapat diketahui dengan adanya telikum di antara kaki jalan ke-4 dan ke-5. Telikum berupa garis tipis dan akan melebar setelah terjadinya fertilisasi. Sementara, jenis kelamin udang windu jantan dapat diketahui dengan adanya petasma, yakni tonjolan diantara kaki renang pertama. Dalam habitatnya, pertumbuhan udang windu betina lebih cepat dibandingkan udang windu jantan.  Demikian juga, frekuensi pergantian kulit pada udang windu betina lebih cepat dari pada udang windu jantan.
Warna udang windu alam sangat berpariasi, mulai dari merah sampai hijau kecoklatan. Udang yang dipelihara dalam tambak memiliki warna yang lebih cerah, yaitu hijau kebiruan. Warna tersebut berhubungan erat dengan kandungan pigmen dalam makanan yang dikonsumsi. Semakin tingggi pigmen karotenoid atau axantin dalam makanannya, warna kulit udang akan semakin gelap.

Sumber:
Murtidjo, Bambang Agus. 2003. Benih Udang Windu Skala Kecil. Yogyakarta: Kanisius


Tidak ada komentar:

Posting Komentar